Tata Cara Agar Lulusan S1 dan D4 Legal Menjadi Dosen

By | August 30, 2017

Tata Cara Agar Lulusan S1 dan D4 Legal Menjadi Dosen

Menristekdikti: S-1 dan D4 Bisa Jadi Dosen Asal…
Sumber foto : ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA
30 Agustus 2017
Berita-Berita tanggal 25 Agustus 2017 di berbagai media lokal seperti contoh judul yang di atas, yang memuat komentar Pak Menteri tentang lulusan S1/D4 dapat menjadi dosen, komentar ini bagai angin segar bagi sebagian PTS yang sedang menghadapi krisis Dosen (Baca juga:Krisis Dosen Hantui Perguruan Tinggi).
Berhubung masih banyak yang bertanya ke saya bagaimana caranya agar lulusan S1/D4 bisa diangkat jadi dosen ? Saya arahkan mereka agar dibaca Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). 
Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)

Rekognisi Pembelajaran Lampau
Rekognisi Pembelajaran Lampau atau RPL adalah pengakuan terhadap Capaian Pembelajaran (CP) yang diperoleh seseorang dari pendidikan formal atau non formal atau informal, dan/atau pengalaman kerja pada jenjang pendidikan tinggi, dimulai dari level 3 KKNI atau (Program D1) sampai dengan jenjang kualifikasi level 9 KKNI (Program Doktor).
Terdapat 2 Type Program RPL :
1. Melalui RPL type A1, Lulusan S1/D4 yg pernah mengikuti perkulian pasca namun tak selesai, melamar ke PT tempat ybs berniat diangkat menjadi dosen, PT menilai Kredit yg pernah diikutinya, menerima mana yg layak diterima (seperti mahasiswa pindahan) dan menetapkan jumlah kredit yg harus ditempuhnya, ybs lalu mengikuti perkuliahan sampai peroleh ijazah S2 baru diangkat jadi dosen.

2) Melalui RPL type B, Institusi hanya mengusulkan calon dosennya yang memiliki pembelajaran lampau untuk mendapatkan surat pengakuan kesetaraan kepada Menteri, dan ini hanya berlaku untuk institusinya. Dengan demikian surat pengakuan kesetaraan ini tidak otomatis berlaku bagi institusi lain. Prosedurnya silakan baca sketma terlampir yg lengkapnya penjelasan ada di Pedoman RPL yg linknya ada di bawah ini.

Pedoman Tata Cara Penyelengaaraan RPL:
SK Dirjen Belmawa no. 123/B/SK/2017 tgl 05 April 2017 tentang Pedoman Tata Cara Penyelengaaraan Rekognisi Pembelajaran Lampau dan Lampiran (Pedoman)
Website Pendaftaran RPLhttp://rpl.ristekdikti.go.id
Dasar hukum:
1. Undang-undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
2. Perpres no.08 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia dan Lampiran
3. Permendikbud no. 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Bidang Pendidikan Tinggi
4. Permenristekdikti No. 26 Tahun 2016 tentang Rekognisi Pembelajaran Lampau atau di SINI
Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan informasi ini,
Fitri

Sumber
Penulis : Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *