Sambangi LLDIKTI Wilayah XII Ambon, “Ketua APTISI Pusat bentuk APTISI Provinsi Maluku dan Maluku Utara

By | July 24, 2019

Sambangi LLDIKTI Wilayah XII Ambon,
“Ketua APTISI Pusat bentuk APTISI Provinsi Maluku dan Maluku Utara
Ambon, lldikti12
Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (APTISI) Pusat Dr. Ir. H. M. Budi Djatmiko. M.Si. M.Ei berkesempatan datang di Kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XII Ambon pada Rabu, 17/7 kemarin. Kedatangan orang nomor satu di APTISI Pusat tersebut untuk memberikan arahan kepada Pimpinan PT di Wilayah XII terkait kesiapan PTS dalam menghadapi revolusi industry 4.0 sekaligus membentuk APTISI Provinsi Maluku dan Maluku Utara.
Kepala LLDIKTI Wilayah XII Ambon Dr. Muhammad Bugis, SE, M.Si menyambut baik kedatangan Ketua APTISI Pusat tersebut. Menurut Bugis, LLDIKTI Wilayah XII sebagai institusi yang konsen dalam pengembangan Pendidikan Tinggi di Provinsi Maluku dan Maluku Utara, maka kehadiran APTISI di dua Provinsi Kepulauan tersebut sangat dibutuhkan mengingat selama ini kepengurusan APTISI Maluku dibawah dipimpinan Dr. Ibrahim Ohorella telah habis masa bhaktinya 2016 lalu dan hanya APTISI Maluku Utara saja yang aktif.
Menurutnya, siapapun yang terpilih sebagai Ketua APTISI Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara bukanlah persoalan, namun yang paling terpenting adalah bagaimana kehadiran organisasi tempat Perguruan Tinggi Swasta ini bernaung berperan untuk memajukan Perguruan Tinggi Swasta. “ Kemarin saya dilaporkan oleh staf saya, beliau saya tugaskan untuk mengikuti sosialisasi Peraturan Menteri PUPR Nomor 1 tahun 2019 tentang Tata Cara Pengajuan Usulan Pembangunan dan Pengelolaan Rumah Susun Pada Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, jadi Perguruan Tinggi Swasta boleh mengusulkan dibangun rumah susun di wilayah PTS itu berada, ini tugas utama APTISI Maluku dan Maluku utara untuk memperjuangkannya” ungkap Bugis.
Dihadapan Pimpinan Perguruan Tinggi di Wilayah XII Ketua APTISI Pusat yang juga adalah Ketua Himpunan Perguruan Tinggi Kesehatan menyatakan ketika memimpin APTISI Provinsi Jawa Barat dirinya memperjuangkan adanya alokasi dana pembinaan kepada Perguruan Tinggi Swasta melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). “waktu kita kita masih satu dengan Provinsi Banten, namun karna Jawa Barat dapat dana pembinaan PTS Rp.100 miliar per tahun maka saya bilang kita pecahkan Provinsi Banten dan Jawa Barat, dan akhirnya kita dorong dan Banten sekarang dapat dana untuk PTS dari APBD setiap tahunnya” ungkapnya.
Dalam arahannya kepada pimpinan PTS, Dr. Budi Djatmiko menyatakan PTS harus mempersiapkan diri menghadapi revolusi industry 4.0 karena akan berdampak langsung terhadap perguruan tinggi. “akan ada program studi di PT yang hilang nanti, dosen harus siap, harus berinovasi.” Ungkap doctor jebolan Unpad 2015 tersebut.
Menurutnya, Perguruan Tinggi harus siap menghadapi revolusi industry 4.0  Tidak hanya itu beliau juga membahas bagaimana peran sebuah institusi pendidikan tinggi dapat mendukung perkembangan teknologi informasi di era ekonomi digital, dikatakan pola pengembangan pendidikan di Indonesia salah dalam strategi. Sehingga, dunia pendidikan Indonesia jauh tertinggal dengan negara lain.
Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) adalah organisasi profesi yang beranggotakan seluruh Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan seluruh Badan Hukum Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta (BHP-PTS) di seluruh Indonesia. APTISI  mewakili aspirasi lebih dari 3000 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia, selain berkomitmen menyusun program-program untuk memajukan PTS dan pendidikan nasional juga memposisikan diri sebagai mitra kritis pemerintah dalam pembangunan bangsa baik yang berkaitan dengan dengan masalah pendidikan maupun masalah sosial kemasyarakatan.
Visinya adalah untuk meningkatkan pengelolaan, pembinaan dan pengembangan Pendidikan Tinggi Swasta agar mampu menjadi asosiasi terdepan dalam menghasilkan sumber daya manusia di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang berguna bagi peningkatan derajat hidup kemanusiaan.
Dalam pembentukan APTISI Provinsi Maluku Rektor UKIM Ambon Dr. Jafet Damamain, ditetapkan sebagai Ketua, Wakil Ketua Rektor Universitas Darussalam Ambon Dr. R. Uluputy. M.Si dan Sekretaris Direktur STIKES Pasapua Ambon Dewi Arwini Bugis. S.Kep. Ns. M.Kep. sedangkan Provinsi Maluku Utara berhasil terpilih Dr. Saiful Denny Rektor Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, Sekretaris Dr. A. Mapenawang. Ketua Yayasan Medika Mandiri Halmahera, Maluku Utara (Bul)
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sumber
Penulis : Tata Usaha Dan Barang Milik Negara LLDIKTI XII

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *